Loading…

READY TO SHOPPING ?

Click the button below to start exploring our website and learn more about Shopping and Fashion
Start exploring

Bingung Mengisi Kotak Obat? Ini Obat yang Seharusnya Disediakan!

Di dalam rumah, sebaiknya Anda menyediakan kotak obat yang berisi macam-macam obat untuk kebutuhan mendadak. Anda tak akan pernah tahu kapan akan membutuhkan obat-obatan sehingga ada baiknya untuk menyediakannya sehingga dalam keadaan darurat bisa segera digunakan. Namun tak semua orang tahu apa jenis obat yang seharusnya selalu ada di kotak obat. Jika Anda adalah salah satu orang yang tahu obat apa saja yang dibutuhkan, maka berikut ini adalah jenis obat dan kegunaannya yang bisa menjadi jawaban untuk mulai mengisi kotak obat Anda.

 

  1. Obat penurun panas dan pereda nyeri, contohnya adalah parasetamol, asetosal, ibuprofen, asam mefenamat dan lainnya. Anda bisa memilih sediaan tablet atau sirup untuk anak-anak.
  2. Obat diare seperti atapulgit, carbo adsorbens, obat herbal dan pektin.
  3. Obat flu dan batuk seperti sediaan flu dengan isi kombinasi obat yang bisa Anda temukan dengan mudah di apotek ataupun mini market. Untuk obat batuk Anda bisa sedia obat batuk sirup yang memberikan rasa hangat di tenggorokan.
  4. Obat mual muntah seperti domperidone yang sering menjadi gejala penyakit-penyakit tertentu.

 

Selain obat di atas, Anda juga bisa menyimpan sisa obat yang pernah diresepkan dokter untuk Anda. Misalnya saat anak mengalami demam berdarah, umumnya dokter akan meresepkan obat demam berdarah yang berisi obat penurun panas dan antibiotika. Antibiotika harus diminum sampai habis sehingga Anda seharusnya tidak memiliki sisa obat. Namun untuk obat penurun panas, jika suhu anak sudah stabil Anda tak perlu meminumkannya lagi dan bisa jadi masih ada sisa obat yang bisa Anda simpan untuk persediaan jika si kecil panas.

 

Dengan memiliki persediaan obat di kotak obat, Anda bisa memberikan penanganan yang lebih cepat untuk kondisi-kondisi darurat. Selain obat yang diminum, jangan lupa juga untuk menyediakan obat luka luar misalnya antiseptik dan obat luka bakar jika sewaktu-waktu terjadi cidera. Perlengkapan medis juga bisa Anda sediakan misalnya kasa steril, plester dengan obat dan alkohol untuk sterilisasi.

 …